Ayam Laga Aduan Kamu Sakit Kuning, Begini Cara Mengobatinya

Ayam Jago Aduan / ayam petarung merupakan salah satu unggas yang sangat banyak dipelihara oleh seluruh botoh ayam aduan atau pecinta ayam aduan di negara indonesia

Ayam Jago Aduan / ayam petarung merupakan salah satu unggas yang sangat banyak dipelihara oleh seluruh botoh ayam aduan atau pecinta ayam aduan di negara indonesia. banyak juga dari kita yang slalu mengalami kendala disaat kita merawat ayam aduan tersebut.

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pecinta ayam aduan adalah ayam aduan yang disayanginnya terkena penyakit kuning. sakit kuning pada ayam aduan dimana kondisi ayam akan terlihat sangat pucak, dan ayam aduan tersebut akan cenderung berwarna kuning pucat.

Ayam aduan yang seperti ini jika dibiarkan akan menjadi semakin menguning dan dapat membahayakan nyawa ayam aduan itu sendiri. nah bagi kamu yang memiliki ayam aduan yang terkena penyakit kuning ini, kamu jangan khawatir karena kali ini kami akan memberikan kepada kamu tentang Cara Mengobati Penyakit kuning pada ayam aduan.

Tips Mengobati Ayam Aduan Sakit Kuning :

  • Ayam Aduan Dipisahkan :

Ayam aduan yang terkena penyakit kuning ini sebaiknya dipisah dengan ayam jago yang lain, lebih baik hanya dicampurkan dengan ayam ayam betina dan ayam yang lebih muda. hal ini bertujuan untuk mengembalikan mental pada ayam yang sakit kuning. perlu diketahui bahwa penyembuhan mental adalah bagian terpenting dalam tahap penyembuhan penyakit kuning.

  • Memberikan Jamu Herbal :

Pemberian jamu herbal sangat mujarap untuk menyembuhkan penyakit kuning secara bertahap. racikan jamu bisa menggunakan bahan bahan seperti kunyit, jahe, madu dan kuning telur. bahan bahan tersebut sangat bagus untuk digunakan untuk penyembuhan dari dalam, dengan begitu organ dalam pada ayam perlahan lahan akan kembali normal.

  • Memberikan Pakan Bekicot :

Dengan memberi protein dari bekicot (siput) atau kerang remis + berikan tomat kecil 1 butir. dosisnya sehari satu (1) ekor siput atau beberapa remis, berikan setelah ayam terlihat baikan. (cocok untuk ayam kelelahan atau setelah kena pukul).

  • Larutan Gula Merah :

Berikan larutan gula merah + jahe pada ayam setiap pagi atau sore. (cocok untuk ayam kelelahan atau setelah kena pukul).

  • Berikan Tetrachlor :

Berikan tetrachlor (atau merk lain yang mengandung antibiotik) + spet dengan probiotik dosis 5-10ml cukup (merk bebas saya biasa pake merk EM4) + beri minum dicampur cuka apel secukupnya (jangan terlalu asam). ini dilakukan jika penyebabnya kemungkinan berupa bakteri.

Cuka apel mampu membunuh ratusan bakteri, probiotik membantu tubuh ayam agar pertumbuhan bakteri jahat terhambat, antibiotik membantu membunuh bakteri secara luas. jika belum parah saya biasa memberikan hanya probiotik + cuka apel, dalam 1 sampai 3 hari bisa segar kembali. cocok juga ayam yang terkena goham / canker, beri probiotik insya allah goham rontok.

  • Berikan Vitachick Pada Minuman :

Berikan vitachick pada minuman + spet dengan 5-10 ml probiotik + berikan larutan gula merah sebagai penambah stamina. ini cocok untuk mengobati ayam sakit kuning yang diakibatkan oleh virus. jika terlihat parah berikan juga tetrachlor barang kali ada infeksi sekunder. untuk virus yang sudah parah biasanya perlu penanganan khusus atau akan lebih sulit menanganinya. bisa juga dengan menjauhkan ayam dari ayam lain barang kali terkena virus yang sama.

  • Menggunakan Produk Pengobatan Dipasaran :

Selain itu bisa juga dengan menggunakan produk pengobatan yang ada dipasaran. biasanya sudah banyak yang menjualnya. Silahkan pilih produk yang dipercaya.

Munking cukup sampai disini dulu artikel yang dapat admin Agen Sabung Ayam berikan kepada kamu semua tentang cara merawat ayam aduan yang terkena penyakit kuning. semoga dengan adanya artikel yang kami berikan ini dapat untuk membantu dan menambah wawasan kamu semua seluruh para penggemar ayam aduan di indonesia.

aduayam303

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *